Tips Bagi Webmaster Dengan Hosting Gratisan

Website kini memang makin marak. Jika dulu hanya sedikit bocah-bocah SMP (semasa saya masih SMP sich..) yang memiliki website, kini hampir semua anak SD sudah memiliki situs pribadi, tak peduli apakah hanya sekedar iseng berisikan profil diri atau yang lebih serius. Yeah.. meskipun website semakin hari semakin banyak, namun tidak sedikit juga yang hanya berisi hal-hal yang tidak bermanfaat ^^”

Web Hosting di Internet banyak bertebaran dimana-mana. Ada yang berbayar, banyak juga yang gratisan. Naah… mengapa harus bayar jika ada yang gratis? Jawabannya mungkin bermacam-macam. Bagi Anda yang sedang berencana membuat website pribadi dan sedang mencari Web Hosting gratisan, pertimbangkan hal-hal berikut:




1. Bandwidth
Sepertinya bandwidth adalah hal yang vital. Jika situs Anda benar-benar menarik dan dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya (seperti www.spyrozone.net neeh.. hehehe… becanda koq.. ^^) Anda harus pertimbangkan untuk memilih Web Hosting dengan bandwidth yang besar.

2. Space yang besar
Besar-kecilnya space yang ditawarkan juga harus Anda pertimbangkan. Akan sangat tidak nyaman jika kita harus membuat account baru gara-gara space kurang, padahal file yang belum kita upload masih banyak.

3. Banner
Kebanyakan hosting gratisan menyertakan banner, baik berbentuk frame atau berupa popup. Naah.. pilih yang bannernya paling kecil dan tidak makan tempat. Usahakan jangan memilih Web Hosting yang menyertakan banner berupa popup window karena kebanyakan pengunjung tidak menyukai hal ini. Mereka akan malas mengunjungi situs Anda.

4. FTP
Pilih Web Hosting yang memberi layanan FTP. Hal ini akan mempersingkat waktu Anda untuk mengupload file.

5. Server Yang digunakan
Cari Web Hosting sesuai dengan bahasa pemrograman yang Anda gunakan dan dukungan apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya Anda membuat suatu website dinamis dengan PHP, maka cari server Linux, jika nanatinya membutuhkan database, cari yang memiliki dukungan MYSQL dll.. dll… Jadi pada intinya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda

6. Peraturan Dari Web Hosting Itu sendiri.
INGAT!! JANGAN PERNAH MELANGGAR PERATURAN!! Anda harus tau diri bahwa Anda “menumpang” di Web Server orang. Jika Web Hosting tersebut melarang Anda menghapus banner mereka, “MAKA JANGAN SEKALI-KALI MEMBANTAI BANNER IKLAN MEREKA SECARA ILEGAL” atau seluruh file yang selama ini Anda upload dengan mengorbankan waktu, uang, tenaga, pikirang, nyawa… ?????!!! (hehehe.. ^^) akan DIHAPUS TANPA SISA. Perhatikan juga file jenis apa saja yang diperbolehkan diupload. Misalkan mereka tidak mengizinkan user mengupload file yang mengandung VIRUS. Jika Anda melakukan pelanggaran, SEMUA FILE YANG SUDAH ANDA UPLOAD akan dihapus, bukan hanya file virusnya saja.

Sekian, semoga bermanfaat

//E.O.F


Source : http://www.spyrozone.net/hacking/2005/08/tips-bagi-webmaster-dengan-hosting-gratisan.jsp
x

Comments

Popular posts from this blog